Sabtu, 06 Agustus 2016

Nikmati Dieng Culture Festival 2016 Dengan Promo Dari Tiket.Com

Nikmati Dieng Culture Festival 2016 Dengan Promo Dari Tiket.Com
Dieng adalah sebuah kawasan vulkanik di pulau Jawa Tengah, Sperti yang dilansir Wikipedia.Org bahwa dieng berada di wilayah kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Terletak di sebelah barat gunung Sindoro dan Sumbing. Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkanembun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Berada di ketinggian pastinya banyak tempat tempat wisata yang dapat anda kunjungi. Akan tetapi, ada waktu tertentu dimana Dieng menjadi tujuan yang sangat di prioritaskan oleh para pengunjung atau wisatawan. Dieng Culture Festifal yang setiap tahun diselenggarakan di dataran tinggi ini. Sesuai dengan namanya Dieng Culture Festival, adalah sebuah Festival Budaya yang mempunyai konsep beriringan antara unsur Budaya Masyarakat, Potensi Wisata Alam Dieng serta Pemberdayaan masyarakat lokal sebagai misi dasar pembentukan acara tersebut. Acara ini digagas oleh Kelompok sadar Wisata dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dan organsasi/ Dinas Terkait Kepariwisataan di Dieng.

Banyak kegiatan yang dilakukan di acara ini, salah satunya yang sangat terkenal adalah ruwatan anak rambut gimbal. Ya, ruwatan ini diberlakukan kepada anak berambut gimbal yang konon sudah menjadi turunan di sana. Konon bocah berambut gimbal ini adalah titipan dari salah seorang yang dapat dikatakan penting di daerah Dieng ini, yaitu Kiai Kolo Dete yang merupakan salah satu pembesar di daerah ini kala masa Mataram Islam. Dalam kepercayaan masyarakat Dieng, bahwa jumlah bocah gimbal semakin banyak maka kemakmuran di daerah tersebut juga semakin bertambah.

Keberadaan bocah gimbal ini pada dasarnya sama dengan anak-anak yang lain, namun ada kalanya mereka lebih aktif dan emosi mereka tidak dapat terkendali tanpa sebab yang jelas. Dengan dipotongnya rambut gimbal mereka perilaku yang demikian juga ikut menghilang dengan sendirinya. Dalam pemotongan rambut gimbal tersebut membutuhkan ritual, ruwatan itulah yang dilakukan dalam adat jawa. Ruwatan dengan menggelar pagelaran wayang kulit. Selain pagelaran tersebut, banyak acara-acara yang lain yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung di Dieng ini. Ruwatan tersebut juga dilakukan dibeberapa tempat, diantaranya adalah Candi Dwarawati, Komplek Candi Arjuna, Sendang Maerokoco, Candi Gatotkaca, Telaga Balaikambang, Candi Bima, Kawah Sikidang, Gua di Telaga Warna, Kali Pepek dan tempat pemakaman Dieng.

Bagi anda yang berminat untuk datang ke dataran tinggi Dieng sangat mudah. Bagi anda yang berada di lur pulau jawa anda dapat emnikmati fasilitas transportasi pesawat yangbdapat anda pesan melalui aplikasi tiket pesawat. Dengan menggunakan pesawat anda dapat mendarat di Semarang atau di Yogyakarta kemudian menuju ke Dieng yang hanya membutuhkan perjalanan darat sekitar 3 jam. Sementara jika anda menggunakan kereta api anda dapat melakuan pemesanan di tiket.com dengan mendapatkan promo. Selama anda menikmati Dieng Cultur Festival, anda dapat menginap di sekitar area lokasi acara. Di setiap area wisata di Dieng sudah terdpat penginapan yang memungkinkan pengunjung dapat menikmati keseluruhan acara saat itu. Pastinya penginapan yang ada di situ jauh dari penginapan atau hotel berbintang di kota kota besar. Selamat menikmati acara di Dieng Cultur Festival 2016 dengan segala macam acara yang menarik. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar